Catatan dan kumpulan tutorial dari akumaru.com, semoga bermanfaat

[Tutorial] Tujuan Memoderasi Komentar pada postingan di Blog

No comments
Hai sobat, pada postingan ini Akumaru akan memberikan tutorial seputar komentar pada postingan di blog dan cara memanfaatkannya, cara mengetahui komentar terbaru di postingan Blog, postingan follow dan dofollow, memasang link pada postingan Blog, tips bagaimana cara agar kita mengetahui komentar terbaru yang ada di blog kita. Sebelumnya sobat sudah tau belum apa manfaat membalas komentar orang di blog kita? Bagi saya pribadi itu adalah cara berkomunikasi dengan pengunjung blog kita, agar tercipta komunikasi yang baik dengan pengunjung kita. Selain itu juga agar blog kita terlihat hidup dan tidak mati. Dengan kata lain, blog yang tidak ada yang berkomentar hanya akan menjadi bacaan sesaat saja. Oleh karena itu jadikanlah fasilitas komentar ini sebagai penunjang blog Anda.

Moderasi Komentar :

Pengaturan :


Cara mengetahui adanya komentar terbaru ini adalah dengan melihat akun gmail kita, itu yang sudah umum. Namun beberapa orang jarang membuka akun gmail mereka untuk sekedar melihat komentar terbaru, kebanyakan dari mereka membuat akun gmail agar dapat membuat akun di blogger.com. Cara yang saya gunakan adalah mensetting seperti pada gambar dibawah ini :


Penjelasan Gambar :
  • Comment Moderation : akan muncul notifikasi adanya komentar baru ketika anda login dari blogger.com
  • Email moderation requests to : dengan mensetting email kita, maka komentar yang masuk juga akan tampil di email kita.
  • Show word verification : Menggunakannya untuk keamanan dari bot/ komentar robot

Manfaat :


Awalnya saya tidak menggunakan moderasi pada komentar, namun melihat banyaknya spam di komentar postingan saya, dan bayak yang menaruh link aktif, sehingga saya mulai mengaktifkannya, berikut ini adalah manfaat yang saya rasakan setelah mengaktifkan moderasi :
  • Kita dapat notifikasi adanya komentar terbaru ketika kita login dari blogger.com menuju ke dashboard blog kita.
  • Kita dapat menampilkan atau tidak menampilkan postingan yang masuk, komentar yang biasanya saya tidak tampilkan adalah :
    • Mengandung direct link/ link aktif
    • Komentar yang isinya hanya promosi saja
    • Komentar spam
    • dan komentar- komentar yang tidak diinginkan lainnya
  • Membersihkan tampilan blog kita dari spam-spam yang mungkin tidak kita ketahui ketika kita tidak mengaktifkan fasilitas moderasi.
  • Dengan mengetahui adanya komentar baru, kita dapat dengan cepat membalas komentar tersebut tanpa perlu melihat email masuk kita.

Cara membuat link aktif di komentar :

Fungsi dari memasang link aktif adalah untuk menaikan page rank kita, dengan banyaknya link blog kita di sejumlah website atau blog, maka page rank kita akan naik. Ketika berkomentar umumnya ada Anonymous, Name/Url, dan yang menggunakan akun. Nah kebanyakan orang mensetting siapa saja yang bisa berkomentar menjadi Registered User, artinya hanya dengan memiliki akun gmail/ wordpress dll yang bisa berkomentar, dengan begitu fitur Name/Url tidak ada, sehingga kita tidak bisa memasang link dengan mudah. Namun kita masih bisa memasang link aktif di postingan kita dengan cara :

Bagus sekali gan postingannya, mampir juga yah ke <a href='www.akumaru.com'>Akumaru</a>
hasilnya : 
Bagus sekali gan postingannya, mampir juga yah ke Akumaru

Ganti text berwarna biru dengan link Anda, dan text yang berwarna merah dengan judul link Anda.

Saya harap ilmu diatas dapat membantu sobat, bila ada yang masih kurang jelas, silahkan tanyakan di kotak komentar yang ada di bawah :)

No comments :

Post a Comment